Apakah Aku Pengguna Loyal XL ?

Oleh : Reza Ervani

Sebuah komentar cukup menggelitik mampir hari ini di blog. Komentar itu dapat dilihat disini :

https://rezaervani.wordpress.com/2008/07/02/dan-inilah-jawaban-dari-xl/#comment-148

Berbunyi :

Using a personal figure who is active in education, that’s not a random choice maybe. Thus, he is an loyal customer anyway!

Everyone almost agree… Nobody knows it was not been set up before.. !

Btw, that’s a nice campaign from XL…

Hmm, cukup menggelitik … karena menunjukkan dua sisi yang mungkin terjadi dari sebuah komentar negatif terhadap sebuah layanan.

Mari sedikit kita bahas, untuk sebuah ilmu baru tentang Marketing Sub Bab “Brand Experience”

Dapat dipastikan bahwa penulis loyal menggunakan XL Hanya Untuk Menelepon, tidak untuk layanan lain.

Setidaknya ada beberapa operator lain yang juga membuat penulis “terpaksa” loyal karena hampir tidak ada pilihan :

  1. Penulis loyal menggunakan Indosat M2 untuk mengakses internet dengan laptop menggunakan modem HSDPA. Walau cukup mahal (Rp. 0,3 per kilobyte), tapi kecepatan akses lumayan bagus. Dibandingkan layanan yang sama dari operator lain, seperti Telkomsel FLASH – ini relatif murah. Apalagi jika dibadingkan dengan layanan GPRS XL yang mencapai Rp. 25/kb (masih termahal di kelasnya). Dan sampai hari ini penulis belum pernah mencoba menggunakan layanan GPRS XL karena TIDAK PERNAH BERHASIL melakukan koneksi, bahkan di kota besar seperti Bandung dan Surabaya sekalipun.
  2. Penulis loyal menggunakan Indosat M3 untuk “SMS Banyak”, dan sesekali menggunakan kartu yang sama untuk mengakses internet, jika masuk di daerah yang jaringan Indosat M2-nya bermasalah.
  3. Dari sepanjang pengalaman menggunakan berbagai layanan, Untuk MMS layanan yang paling tidak bermasalah adalah Telkomsel dan XL, sementara layanan dari Indosat relatif susah untuk melakukan pengriman MMS.
  4. CDMA ? Dulu pernah menggunakan Esia … dan kasus yang terjadi justru sangat tidak memuaskan … Penulis terus mengamati tarif internet Flexi vs StarOne. Dan untuk tarif internet ini tampaknya StarOne masih yang termurah – bahkan dibandingkan GSM manapun – walau untuk berencana membelinya, tentu penulis harus menganggarkan sebuah modem CDMA yang baru, karena modem Solomon milik penulis hanya support untuk kartu GSM.

Nah, itu “brand experience” penulis bersama para operator selular. Memang ada sisi positif yang bisa diambil oleh pihak XL “if and only if” apa yang saya keluhkan ini mereka tanggapi dengan positif, semisal memperbaiki jaringan dan layanannya.

Kalau ditanya apakah saya dapat “sesuatu” dari XL ?

Sejujurnya, saya mengharapkan hal itu terjadi ha ha ha ha … apalagi kalo nyampe muncul di iklan XL, lumayan kan … hi hi hi hi hi

Do I look like a “loyalist” ?😀

3 Tanggapan

  1. Wah XL tuh giat banget ya…
    Gerilya sampai ke Blog-Blog personal…

    Lumayan Jeli juga Corporate Communication utk bikin isu…..

    Tapi,
    Kepintaran Hasnul Suhaimi, Dirut XL, Mantan Dirut Indosat itu hanya main-mainin harga….

    Kualitas “keok”…. Di Surabaya aq bilang “say good bye utk XL”

  2. Selama ini aku nyaman2 aja make Halo nya Telkomsel… smua layanan aku cobain… sampe skrg fine2 aja… lebih2 lagi booming pada make Flash… memang maknyus klo kt presenter kuliner ntu, aku sering make yg time base ato volume based memang enak tenan… jadi sering ngenet mulu dg mobile…

    salam mak nyus

    hehehe…

  3. wah untung pake xl bebas, kalo ane gara2 pake xplor sekarang udah pake 3 juga, wong sejak ada promo nelpon 1 rupiah perdetik untuk xplor tagihan ane naik 2x lipat, apalagi kalo dibandingkan dengan prabayar, jauh lebih menguntungkan prabayar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: