Dan … Inilah Jawaban dari XL

Oleh : Reza Ervani

Alhamdulillah, suara-suara kita ternyata di dengar oleh Customer Service XL. Ternyata tulisan sebelumnya di blog ini Strategi (Licik) Bisnis ProXL = 34:31 <https://rezaervani.wordpress.com/2008/07/01/strategi-licik-bisnis-proxl-3431/&gt; juga dibaca oleh pihak ProXL. Penulis -secara pribadi – mengacungkan jempol atas responnya yang tanggap …

Hari ini penulis menerima email dari Customer Service XL sebagai berikut :

Subject Email : Ref.CM/CU/E/24735/0608/EN – Konfirmasi XL

Bapak Reza Ervani Yth.,

Terima kasih telah menggunakan XL. Berkenaan dengan keluhan Bapak melalui https://rezaervani.wordpress.com/2008/07/01/strategi-licik-bisnis-proxl-3431/ sebelumnya kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak rasakan sehubungan gangguan komunikasi yang Bapak alami saat menggunakan layanan kami. Dapat kami sampaikan bahwa terputusnya sambungan saat panggilan dilakukan dapat disebabkan oleh berbagai sebab antara lain kondisi dan kepadatan jaringan, gangguan yang bersifat intermiten atau gangguan pada sistem kartu SIM. Padatnya jaringan dapat menyebabkan layanan gagal digunakan. Sebagai informasi telah terjadi lonjakan penggunaan jasa layanan kami di beberapa wilayah, sehubungan dengan hal tersebut untuk merespon permintaan pelanggan, kami masih terus berupaya untuk meningkatkan jasa layanan kami.

Apabila Bapak mengalami gangguan kembali agar kami dapat melakukan pengecekan lebih lanjut maka kami mohon konfirmasi data yang lebih spesifik:

  1. Nomor XL yang Bapak gunakan
  2. Nomor tujuan
  3. Tanggal dan jam kejadian terakhir
  4. Detail permasalahan
  5. Lokasi kejadian (alamat lengkap dan spesifik) saat Bapak mengalami gangguan.

Kami sangat menghargai masukan yang Bapak berikan, perhatian Bapak merupakan acuan bagi kami untuk memberikan layanan yang lebih baik lagi di masa mendatang.

Terima kasih atas perhatian Bapak. Apabila ada hal lain yang ingin Bapak tanyakan, silakan Bapak mengunjungi XL Center terdekat, atau menghubungi 817 dari ponsel XL (untuk pelanggan prabayar Rp 350,-/panggilan) atau 021 57959817 dari telepon lainnya atau dapat juga dengan mengirim e-mail ke customerservice@xl.co.id. Informasi umum dapat menghubungi 818 dari ponsel XL (bebas biaya) atau 021 57959818 dari telepon lainnya.

Hormat kami,

Endah Mustika Asih
Customer Service XL
PT Excelcomindo Pratama, Tbk
grha XL, Jl.Mega Kuningan Lot E4-7 No 1
Kawasan Mega Kuningan Jakarta 12950
E-mail :customerservice@xl.co.id
Website :www.xl.co.id

Saat tulisan ini diposting, penulis sudah mengirimkan nomor penulis dan nomor tujuan ke alamat email customer service tersebut, berikut jawaban yang penulis kirimkan :

Dear XL,
Thanks for your fast response

My XL Number is 0818 42 53 42 (Bought in Bandung)
My Wife XL Number is 0817 642 0343 (Also bought in Bandung)

The same case was happened last night, at 20.30 till 21.00 WIB, when my voice call became off automatically with same duration (34 minute and 31 seconds). But generally, there was no problem with connection and voice quality (but I also found a connection problem when I tried to call other operators, especially Indosat, so I had to buy IM3 to call other operators)

I use two type of Mobile Phone, are Nokia Communicator 9500 and Nokia 3200. So, I thought the problem was not in mobile device, because it has been happened more than 2 weeks. I came to Bangka in Juny, 17th, 2008.

My position is in Muntok, West Bangka, and My wife is in Dago, Bandung, West Java.

Just for your Info, I use XL service for almost five years (my first number was 0818 648 142, 0818 433 344 [still active] and my last number 0818 42 53 42). So, it is nice to me when got this positive response.

I always wait for your kind answer, please send it to my private e-mail : reza@rezaervani.com, please send it’s copy carbon to my other e-mail : rezaervani@gmail.com

Thanks for your attention …

Best Regards,
Reza Ervani

PS : I also send this email to my blog

Mudah-mudahan segera ada tanggapan dan perbaikan layanan, karena sampai dengan tadi malam pun, kejadian yang sama masih berulang di menit ke 34 detik ke 31. Setiap info akan penulis sampaikan di Blog ini …

Salam,

61 Tanggapan

  1. I finally decided to write a comment on your blog. I just wanted to say good job. I really enjoy reading your posts.

  2. Waah, siip.. semoga dpt solusi yang memuaskan ya Mas..

  3. Makanya Bapak kalau ngasih training jangan di Gd. Telkom terus..
    jadi xl-nya ngambek.😛

  4. to Mas Kopdang :

    Ha ha ha😀
    Mudah-mudahan kompensasinya dapet tempat pelatihan gratis buat guru ya mas …

    Amiiinnn …

  5. ya yang penting kompensasinya.. kalo minta maaf doang… wah semua juga bisa🙂

  6. tapi pertanyaannya utamanya adalah apakah fenomena 34:31 terselesaikan?

    ataukah tetap terjadi pada rentang waktu tersebut?

    well, mereka punya sistem seharusnya bisa melihat waktu durasi percakapan tiap nomor.

  7. menurut saya 34 menit 31 detik itu merupakan program dari sisi chargingnya xl.. mungkin ada yang mau sharing tentang sukses nelpon lebih dari 34 menit 31 detik di range jam 18:00 – 24:00
    ??

  8. Tanggapan dari saya :
    Dapat kami sampaikan bahwa terputusnya sambungan saat panggilan dilakukan dapat disebabkan oleh berbagai sebab antara lain kondisi dan kepadatan jaringan, gangguan yang bersifat intermiten atau gangguan pada sistem kartu SIM.

    Bagaimana kita bisa paham bahwa kita bisa call (yang berarti jaringan tidak sibuk) tapi di menit 31 atau 34 jaringan jadi sibuk ? Kartu SIM istri saya tidak ada gangguan, lha wong sebelum gembar-gembor promo XL saja tidak ada masalah koq.

    Padatnya jaringan dapat menyebabkan layanan gagal digunakan.

    Selalu dimenit ke 31 atau 34 ? Saya sih kalau jaringan WiFi di kantor sudah penuh, biasanya akan menendang salah satu user disitu biar orang yang mau connect berjalan lancar. Apakah XL juga menerapkan seperti ini ? Karena jaringannya penuh, maka pengguna yang durasinya sudah 31 atau 34 menit trus “ditendang” ?

    Trus slogan “sampe puasssss…”-nya dimana dong ? Kebohongan publik lagi ??

  9. Wah, email berbahasa Indonesia dibales pake bahasa Inggris😀

    Yak, saya berprasangka sama dengan komentator sebelum saya. Mengapa selalu sama di menit yg “itu”…😡
    Programmed…
    Sistemnya telah diprogram demikian, mungkin. Iya toh?

    Sampai terbukti sebaliknya; seperti kata Prof. Dumbeldore ke Prof. Snape ttg Harry: “Tidak bersalah hingga terbukti bersalah, Severus.” *lupa seri yg mana:mrgreen: *

  10. Dear,

    bro saya sudah sangat dikecewakan oleh operator yang satu ini.

    sebagai puncak kekecewaan saya, beberapa project telekomunikasi yang ada tender dengan XL di kantor saya recommended untuk di delay bahkan di cancel.

    la wong secara infrastruktur XL memang kalah kok “jatahnya” dari yang lain. saat ini AXIS bisa menjadi GSM Operator yang baik karena “Jatah” mereka lebih banyak.

    @ Operator XL
    apapun iklan anda tetap anda operator yang semakin maju tahun pelayanan anda semakin buruk.
    Dulu anda merupakan operator yang baik, namun harusnya anda tahu diri dengan “JATAH” anda yang segitu jangan melakukan bombardir iklan menipu masyarakat.

  11. wah, saya biasa telpon jakarta-cirebon (sama2 jawa-barat, dekat bandung) lama koq.. belum pernah dapet angka 34:31
    biasanya kalo copot (call drop) itu setelah sekitar 1 jam. kadang 58 menit sekian, kadang 62 menit sekian, tapi pernah juga 1x copot waktu baru 3 setengah menit..

    mungkin khusus wilayah bangka x..

  12. Saya cenderung berpendapat ada unsur kesengajaan untuk memutus percakapan pada menit tertentu. Selain untuk mengurangi padatnya lalu lintas juga agar pelanggan lain kebagian tempat.

  13. oohh jadi begitu yahhh..
    makasih atas infonya..
    ana ga tau soalnya ga pernah pake telpon lebih dari setengah jam sih..
    mau ganti profider juga kayanya semua sama aja..
    yah begitulah konsumen selalu dirugikan…

  14. A very standard response from a customer service, network load, network development, the problem’s in your device, blah…. blah.. blah… CS are like robots who answer exactly as they’ve been told to say, in most cases they don’t know exactly what’s happening.

    If you found your call dropped every 34:31, then it must have been programmed by XL.

  15. yah gpp lah minta maaf dulu, daripada si tel*****l yang anti minta maaf. ntar kalo dah saling memaafkan baru kita minta kompensasinya.
    ntar kalo dapet kompensasi bagi2 bro yak :-))

  16. masih belum menjawab dgn tepat tuh.. soalnya saya juga mengalami hal yang sama.. dan yang perlu digarisbawahi itu adalah timing yang persis sama di angka menit dan detiknya. sudah berpuluh kali, selalu di angka yang sama😀

    kalau di ilmu statistik, ini namanya kesalahan sistematis😀

  17. iya, saya kira bukan XL saja… beberapa operator juga sama saja. tariff aja diturunin, tapi kualitasnya nggak ada perubahan.
    bahkan dulu kalo gak salah ada operator pada jam-jam tertentu kalo 5 menit, terputus.
    bagus pak, teruskan perjuangan mu !!!
    biar pada kapok tuh operator nakal.

  18. Menyambung topik yg sedang dibicarakan di blog ini, sy ikut tertarik untuk mengomentari jawaban dari XL.
    Tp pertama tama saya ingin sampaikan terlebih dahulu.. Bahwa sebenarnya saya tidak heran dengan apa yg Sdr. Reza keluhkan di blog ini, karena sudah banyak sekali saya mendengar baik secara langsung maupun tidak langsung mengenai keluhan yang anda sampaikan. Dan bahkan saya pun merasakan langsung ketidak-nyamanan yg sama saat menggunakan Kartu XL.
    Saya bisa pastikan bahwa keluhan yang Sdr Reza sampaikan itu benar adanya, karena memang konsumen XL lainpun banyak yang menjadi ‘korban’ dan mengeluhkan hal tsb, hal ini bisa saya ketahui karena saya adalah penjual voucher pulsa berbagai operator yang setiap hari bertemu dengan konsumen diantaranya adalah pengguna kartu XL.
    Jadi saya menilai bahwa istilah ‘sampe puaaaassssss’ yang dipakai XL perlu dipertanyakan lagi…
    ‘sampe puaaaaassss…. keselnya….’
    ‘sampe puaaaaassss…. nge-dial ulang….’
    ‘sampe puaaaaassss…. (xxxxxxxxx)…..’
    dst dan
    silahkan tambahkan sendiri (xxxxxxxxx)….. nya….

    apalagi dengan melihat banyak kasus yg sama yg terjadi, sy rasa konsumen hanya bisa sampe puas nelepon sampe menit ke 30an…

    jadi menurut saya gak usah banyak berharap dari XL, apa lagi berharap bisa ‘sampe puaaaaasssss….’

    Trims.
    Ronald

  19. Ya.. apapun alasannya, kata2 sampai puas yang diiklankan itu lah menjadi sebab utamanya. semakin lama iklan dan promo seperti ini bisa menyesatkan karena definisi puasss nya sampai dimana dan telco provider tak akan menjelaskan sampai menit dan detik keberapa.

    Jadi wajarlah mereka menjawab dengan jawaban yang masih mengambang atau flying words.😀

    Si pemasang iklan memang cerdas dengan jargonnya tapi kita sebagai pelanggan pun juga seharusnya cerdas dan kritis dalam menilainya bahwa semua ini hanyalah bagian dari proses marketing mereka.

    saya salut dengan mas reza yang berani dan kritis dalam hal ini, karena apa yang mas reza lakukan mewakili banyak pelanggan yang merasa kecewa akan hal ini. termasuk saya.

    Terus berjuang mas reza.

  20. Smoga koneksinya kembali lancar jaya dehh…

  21. sy ingin mengikuti perkembangannya terus. sy pelanggan xl sejak 2000 dan mulai kecewa.

  22. temen gw byk di XL, sebenarnya gak enak ati mo comment, cuman mmg gablek kok sekarang, dulu sblm tarif termurah, servicenya ok tuh, stlh ada luna maya dan org kawinsama binatang, kok servicenya jd parah, apa krn kawin sm binatang tadi penyebabnya?

    mending menit ke 31, ini menit ke 7 aja sdh dead, apalagi klu lg mati lampu, wah dead beneran semuanya (sms and signal), gambar signal nya aja yg penuh, hp gak bisa masuk dan call, sms malah no service, apalagi skrg byk feauture baru di XL spt telpon gak bs dihubungi, coba lah ulangi, dsbnya. dibuang dong feauture2 yg gak kepake ginian

    xl khan lagi gak bangun kapasitas, shg ya parah aja aksesnya, wong byk nomor2 baru krn janjinya pulas termurah sih

  23. Sepertinya fenomena 34:31 masih belum terjawab jelas, hal ini malah membuat saya lebih yakin untuk orang2 vokal seperti Mas Reza ini harus di “bungkam” dengan cara halus oleh XL, dengan cara menyeting program managemen traffic mereka. Khusus untuk mas Reza dan Istri dikeluarkan dari list ( prioritas khusus ) 34:31, wal hasil Mas Reza tidak komplain lagi dan XL aman.. tetapi teman2 yang lain pasti masih mengalami masalah serupa.

    Ayo.. pada komplain sana.. biar nomor xl-nya diremove dari system timer mereka..

  24. ini bentuk kekritisan konsumen yang terkadang kurang diperhatikan suatu provider, disini providerpun cukup arif menanggapi, semoga semuanya base on fact, jika satu pihak sudah jujur…kurang arif jika ada pihak yang tidak mengikutinya…

  25. yaelaah,,,, alesannya bertele2, padahal dah jelas2 matinya di menit dan detik yang sama. klo masalahnya seperti yang dikemukakan sama mereka di atas, ga mungkinlah kjadian yang sama berulang berkali2.

  26. Wah bener ya pakai XL bisa sampai 30 menit ++?

    Temen saya waktu semifinal piala Eropa coba nelpon pakai operator lain (ga enak kalo nyebut) itu malah mati-mati paling lama di kisaran 10 menitan, operator lainnya lagi malah lebih parah…

    Nanti malem mau nyobain ah😀 tinggal nelpon siapa nih 30 menit?

  27. Keluhan pak reza adalah keluhan saya dan teman2 saya disini. Saya dan teman2 saya merasakan demikian dan hal ini tdk asing dan tdk aneh lagi bagi semua orang disini. jika ditanya xl. pasti mereka juga membicarakan matot idup n matot idup.citra XL disini memang seperti itu. makanya sekarang kita pake XL buat cadangan aja. kayak istri simpanan. ada yang lebih bagus walaupun agak mahal pi memuaskan. bening n ga matot idup kayak mati suri.mudah2an hal ini dapat merubah pelayanan XL. karena sebetul program yang diterapkan XL sudah bagus.tidak pelayanannya aja minus.

  28. aku pernah menanyakan ke operator xl di no 817 dan jawabannya sama adalah karena KEPADATAN JARINGAN.

    LHO ITU MASALAH LO,

    kok di bebani ke konsumen, konsumen kan yang di janjikan bisa nelepon SAMPE PUAS. kalo masih belum sanggup memberi kepuasan, jangan berani2 nulis jargon SAMPE PUAS dong. kalo masih belum bisa menangani PADATNYA JARINGAN ya perbaiki dululah, setelah di perbaiki dan disempurnakan baru boleh gembar-gembor dengan jargon SAMPE PUAS.

    mau pulsa murah
    kualitas rendah

    kita tunggu dan lihat.

  29. Tadi mlm sekitar jam 10-an malam saya ngobrol, mencapai 38 menit (sesama XL – saya bebas, istri Xplor). Saya penasaran soalnyah, jadi hp saya nyalakan, dial hp istri saya, dan ngobrol apa saja, pas istri sedang makan malam, dibiarkan nyala. Lancar-lancar aja tuh. Akhirnya saya putus, karena istri ingin istirahat. Batere hp juga ampir habis euy..😦

    Tapi pernah juga baru ngobrol 10 menit trus putus pas jam gratisan-nya. Klo ini karena yg pakai banyak sekali kali yah. So, menurut saya ya ini nasib-nasib an. Saya liat tarifnya benar, ya sudah, ngapain marah2… hehe…

    Btw, ada pemakai non-XL gak di sini? Bagaimana dengan operator lainnya? Indosat udah ancur-ancuran juga katanya ya? Karena untuk jangkauan, konon katanya XL sudah nomor 2?

  30. To rekan-rekan semua …

    Tadi malem saya nelpon lagi, dan masih keluar angka yang sama 34:31.

    Malah sampe itung-itungan sama istri. Karena pake communicator, pas menit 34 detik ke 20, kita hitung mundur … he he … 10, 9, 8, 7, 6 … 3, 2, 1 leep … mati ….

    Mungkin masih diperbaiki … sabar aja ….😀

  31. Using a personal figure who is active in education, that’s not a random choice maybe. Thus, he is an loyal customer anyway!

    Everyone almost agree… Nobody knows it was not been set up before.. !

    Btw, that’s a nice campaign from XL…

    Sorry Mas Reza…..

  32. WAH INI MAH TEKNIK AND STRATEGICNYA XL UNTUK PUBLISH GAK PAKE BAYAR SAMPEEEE PUUUUUAAAASSSSSS….
    mudah2an mas reza bukan bagian dari skenarionya XL utk promo lebih jauh dan gratis…..
    kok yang diangkat 34:31 … bukannya sekarang ini malah gak bisa nyambung sama sekali dan gak bisa long life bila nyambung selama minimal 2 menit…..
    and yang malah aku pusing kenapa mas reza udah komplain sebegitu hebat and malah nulis applause yang sebegitu hebat juga dengan head line “akhirnya XL menelponku …..” puaaaaaassssss deh kena skenario ini …. dan puaaasssss deh kena tipu terus ….

  33. ya ya ya,,, saya juga mo komplen ke im3,, soalnya kalau malam sms susah masuknya!! gsm semuanya sama sajahhh

  34. To Jean & Real :

    ha ha ha ha ha …
    Mudah-mudahan XL membaca dan rela mengundang saya sebagai bintang iklan mereka ya … kan lumayan tuh buat nambah-nambah tabungan …😀

    Pembahasan lengkapnya disini :
    https://rezaervani.wordpress.com/2008/07/03/apakah-aku-pengguna-loyal-xl/

  35. ah… itu kan jawaban normatif?
    mana ada sih tukang tipu yang mau ngaku?🙄

  36. ‘Perang Tarif’ operator skrng ini sudah memakan korban! yaitu Kualitas… dan ujung2 nya pelanggan… harusnya sebelum mengeluarkan kebijakan tarif operator harus memperhitungkan dulu kapasitas dan kualitas jaringannya dulu… anehh…😛

  37. jawaban XL ga menjawab “bahasa marketing” 34:31 tuh.
    atau memang ga perlu dijawab?? he3

    best regards
    JogjaBolic, suplier WajanBolic murah

  38. Strategi marketing.

  39. Wah…
    Kalo saya sih tetap Telkomsel lah..

  40. welehweleh™…. dijawabnya pake english, euy.

    (^_^)v

    kalo aku kejadiannya bukan 34:31, tapi 22:30. tiap 22’30” pasti mati.

  41. Agak OOT
    Saya merasa, tidak bijak menaruh no. hp di blog, memancing masalah.
    Tapi terserah yang punya juga sih😀

  42. gw adalah pengguna kartu punya tel*****l. Dulu gw bimbang mo pindah kartu dari ni operator masalahnya taripnya yang agak mahal. Cuman gw punya cerita pahit jg.

    Sebelumnya gw udah nyoba punyanya IM* en hasilnya… gw itung 29 kali call gak ada yang masuk sama sekali !!!! (sesama)
    Buset dah…
    Langsung hari itu gw buang tuh kartu. Sambil maki2. Gw relain dah sisa pulsa gw buat tuh operator.

    Sempet tergiur juga mo pake XL dengan jargon sampe puasnya, tapi dengan adanya pengalaman sebelumnya akhirnya gw urungkan. Paling juga sama aja kayak IM*.

    Akhirnya sekarang gw mantep pake tel*****l. Walaupun agk mahal (paling lebih mahalnya 1rb 2rb) tapi gak pake marah2. hehe…

  43. Kayaknya sudah masalah umum ini, gw aja nyaris adu emosi sama istri gw yang ada diluar kota karena pindah ke opertaor ini. Parahnya lagi Istri saya sempet mencoba gprs-nya xl dengan menkofigurasi email di ponselnya dan mencoba download dua attachment berbentuk foto berformat jpg yg saya kirim kisaran 1.5 mb lebih sizenya dari ponsel saya. Setelah didownload ternyata dana yg diperlukan untuk mendownload 2 buah file tersebut harus mengeluarkan dana hampir Rp. 16.000 lebih.. Sedangkan gw yg ngirim cm kehabisan dana sekitar Rp. 200 perak. Gila Bukan? mungkinkah pihak XL mensubsidi kemurahan tarif menelepon mereka dengan meninggikan tarif GPRS mereka. Hwo Knows? Sorry agak OOT tapi begitulah adanya

  44. Baiknya mereka dilaporkan aja ke YLKI biar tau rasa.

  45. XL ngumpat sampe puas…

  46. Dah biasa lageee.
    Di starone putus tiap 1 jam 06 dtk. Programmernya kurang kreatif. Mbok durasi putusnya dibikin random. Biar ga terlalu kentara. Mau aku ajarin caranya?

  47. Kalo memang masalah padatnya, kenapa mesti di menit 34 melulu ya?

  48. Definisi kata PUAS menurut saya, adalah berkecukupan dalam rohani bukan jasmani jadi tidak ada batasannya selama masih mau ya diteruskan!

    Kata PUAS berarti sampai dengan selesai oleh sang pelaku, dalam hal ini pengguna layanan, bukan operator layanan!

    INILAH OPERATOR YANG SELALU MEMBODOHI MASYARAKAT INDONESIA! Banyak TRIK banyak GIMMICK!

  49. Secara teori (dan praktek), durasi call itu memang bisa dibatasen kok pak.., ada beberapa parameter yang bisa di ubah utk melakukan hal tersebut..🙂

    Tergantung iklan tersirat dari si operator, apakah mau jujur kalo mereka memasang timer di network mereka. Dalam hemat saya, hanya operator dengan jumlah pelanggan sedikit, namun dengan kapasitas jaringan yang sangat gede, yang berani memberikan durasi call yang sangat panjang..🙂 kpd pelanggan mereka

    Kalo operator dengan pelanggan yang lumayan, namun dengan kapasitas network yang pas2an, saya kurang yakin mereka tidak memberikan pembatasan durasi pada setiap panggilan, karena hal ini pasti akan sangat mempengaruhi kualitas dan kestabilan network masing..

    Mudah2an para operator dan konsumen-nya semakin bijaksana🙂

    no hurt feeling

  50. Om Reza,
    saya turut bersedih dengan posisi anda sebagai customer yang termakan janji seperti itu. saya juga pemakai jasa layanan komunikasi seperti anda. yang saya ingin tanyakan, pernahkan anda mencoba menggunakan produk laen? IM3 contohnya yang pernah anda singgung diatas, atau simpati yang pernah saya coba dulu waktu masih pake 0,5rp dan saya merasa puas karena gak putus-putus.
    so, saya hanya ingin pesan, jangan terlalu fanatik dengan satu produk, OM. bisa coba yang lain,yah…

    selamat mencoba,

  51. la iya setuju dengan masalah utama 34:31 kok gak di singgung sama sekali.

    kalo memenag di program ke 34:31 ya iKlannya di ubah
    nelpon sampai Puasssssssssssssssssssssss sampai di menit 34:31 gitu…
    ya nggak…

    heheh… tapi aku tetep pake XL , masih termurah diantara lainnya dan blm pernah kena masalah tuh.

  52. wah…kayaknya flexi [erlu direview juga mas…malah lebih parah daripada Xl lho…bgt!

  53. untung gak pakai xl… hehehe

  54. ha ha ha.. padahal si operator ngaktifkan doorman … biar si pelanggan enggak abusing E1 mereka.

    Dan …. Drop Call sebenarnya jadi sebuah fiture baru di operator-operator yang menerapkan tarif bicara murah.

  55. ya memang begitulah XL pasti itu sudah programmed dengan setting management traffic nya karena saya yakin ini bagian dari management marketnya biar profit dengan cara kibul-kibul dan akal akalan tapi memeng paling murah kok dengan durasi yang sama dibanding dengan operator lain

  56. pihak XL tau dari mana ya ada keluhan di blog ini?
    mereka kebetulan aja ngebaca-nya atau mereka punya program buat nyariin keluhan pengguna XL yang dituang di internet?

  57. hehe… tipikal jawaban muter2😀

  58. Mau XL,INDOSAT,TELKOMSEL sama semuanya, kita sdh diGOBLOKIN gue usul kita cari provider selular dari negeri kita sendiri (bukan promo nii..h) tetap aja kita nguntungin orang asing……coba kalau yang punya HP di Republik ini ada 5 juta saja perbulan gesek voucher 100 ribu sdh berapa duit kita yang ngungsi ke orang asing …and then thinking..???@#$%

  59. knapa tulisan gw gak elo posting woy….

  60. Jika berbuat salah, monggo minta maaf dan yang terpenting harus buktikan, biarpun isu ada piutang nunggak di BCA sebesar 1 T.

  61. XL Bohong terlalu banyak gangguan, mahal. Perilaku XL ini banyak merugikan konsumen dan kasus ini terjadi setelah “kawin sama kambing” aku di NTB dirugikan bo………….. SMS tetep 350 karena pakai bebas…….. Ah iklan boong, daftar pun ternyata harus pakai kartu baru dibilang gak berlaku DASAR

Tinggalkan Balasan

