Strategi (Licik) Bisnis ProXL = 34:31

Oleh : Reza Ervani

Sudah dua minggu terakhir penulis berjauhan dengan Istri, karena harus berada di Pulau Bangka.

Dan seperti layaknya penganten baru, maka telepon-teleponan pun menjadi agenda wajib sebelum tidur, sekedar mendengar suara sang kekasih tersayang.

Penulis menggunakan layanan XL untuk melakukan voice call, yang berdasarkan survey pribadi termasuk yang paling murah di antara semua operator.

Tetapi ternyata ada yang sedikit mengganggu, yaitu selalu terputusnya hubungan di menit ke 34 detik ke 31. Dan ini tidak berlangsung cuma sekali, tapi selalu berulang selama 2 minggu penulis ada di Pulau Bangka. Ada apa sebenarnya ?

Iseng-iseng penulis buka websitenya : http://www.xl.co.id

Ternyata ada jargon SAMPEEEEE PUASSSS !!! yang berbeda-beda tarifnya bergantung rentang waktu tertentu, nah yang dari Pukul 17.00 s.d. 00.00 (saat penulis menelepon istri tadi) dikenakan tarif 2000 perak sampe puas …

Ternyata itu kemudian tidaklah ditepati oleh operator ini. Tarif 2000 perak itu ternyata cuma berlaku sampai menit ke 34 dan detik ke 31. Sampai dengan detik itu, telepon akan terputus, dan kita harus melakukan panggilan ulang, yang tentu saja dikenakan tarif 2000 perak lagi.

Jadi tarif sesungguhnya adalah :

Pukul 17.00 s.d. 00.00 = 7 jam x 60 menit x 60 detik = 25.200 detik

Satu kali telepon (Rp. 2000) berlaku untuk = (34 menit x 60 detik) + 30 detik = 2070 detik

Jadi jika anda menelepon dari pukul 17.00 s.d. 00.00 membutuhkan : 25.200 : 2.070 = 12.17 kali telepon (dibulatkan ke atas menjadi 13 kali telepon).

Hingga harganya menjadi = 13 x 2.000perak = 26.000 perak …..

Silahkan gunakan perhitungan yang sama untuk tarif di selang waktu yang lain

Itulah dia strategi Bisnis Pro XL = 34 : 31

Ah, konsumen dikerjai lagi

128 Tanggapan

  1. Istri saya kebetulan juga pake XL untuk komunikasi dengan ibu-nya yg beda pulau.

    Memang benar kejadian mas reza persis seperti yang dialami oleh kami. Nelpon sampe menit ke 31/34 langsung putus…

  2. Halo rekan….

    perhitungan ini kan kalo kita mau nelpon dari jam 5 sore sampe jam 1,..emang siapa yang mau nelpon selama ini??

    lagian tarif ini nggak bohong kan?? APA MEREKA PERNAH MENjanjikan sesuatu dan tidak ditepati??

    coba anda ikirkan, nelopn 2000 menit bayar 2000 perak,..apa itu nggak murah…ada-ada aja anda ini bah..canda dink.

    ini namanya strategi bisnis kan???

    salam

  3. Gila tuh nelpon segitu lama apa nggak takut kanker otak?
    Ingat kawan, baru berapa lama sih teknologi seluler?
    Biarpun anda pakai handsfree, apa nggak takut pancaran radiasi antenanya.
    Kalau anda pakai rig, antena ada diatas bangunan. nothing to worry lah. hla ini, langsung ada di dekat kepala.
    Dan INGAT, efek negatif radiasi itu baru terasa setelah puluhan tahun. jadi hati2 lah.
    Lagian nelpon lebih setengah jam 2000 perak masih kurang murah? hihihih.

  4. Wah bener banget tuh, soalnya gw juga sama, malah gw telp udah lewat jam 10 malem tapi tetep aja dikenakannya 3000 rb perak ya…? dan bener tuh di menit 31/34 langsung putus……..

    Benar2 pembohongan publik………! kalo diluar negeri bisa dituntut tuh karena menggunakan kata puas……

  5. iya nih…kayaknya di clash action lucu juga…penipuan pelanggan bo! dasar operator malay !!!

  6. memang vendor-vendor di negara cuman jago memeras rakyat apalagi negara asing.

    jangan cuman mau dibohongin, mar kita gunakan akal kita agar kita tidak terus di bohongin.

    Balas aja yuk…..

  7. Hahaha… bodoh banget ya 😀

    Kalau saya mau mengecoh konsumen saya (“kalau” lho!), paling tidak waktu putus sambungannya akan saya randomize lah. Supaya tidak kentara banget penipuannya, gitu lho.

    Kalau begini kan jadi telak banget ketahuan penipuannya 😀

    Ada-ada saja…..

  8. Oh ya, terimakasih ya sudah berbagi pengalamannya.

  9. Pakai mentari aja, mas. Indosat lebih baik layanannya dibandingkan XL

    Saya pengguna bukan karyawan atau orang dari pihak indosat 😀

  10. Aduh Pak.
    Gitu aja kok dipersoalken…
    Sampai pake istilah dikerjain… 🙂
    Emangnya Bapak mau bertelepon selama berjam-jam?
    Lagian kalo pake tarif normal, dengan durasi 34 menit, emangnya “sanggup” bayar?
    Dengan tarif 4000 untuk waktu selama lebih dari 1 jam, kayaknya udah pas banget deh, dibandingkan dengan tarif zaman dulu…

  11. Beneran nih…?…Gw pake Xplor….apa itunganya sama pula…..

  12. kok disini gak ya? Alhamdulillah.. jam 12 malem sampe pagi saiia bebas telponan lama.. 🙂

  13. Saya tidak heran dengan strategi seperti ini. Tidak hanya XL, teman saya yang pake Mentari juga dikerjain dengan “memaksa” ambil pulsa via sms.

    Kata orang dalamnya, itu akibat persaingan tarif yang murah… DAN memang, kita sebagai konsumenlah yang jadi sasaran…

  14. Hehehe…. ada “tapi” nya juga yah ternyata.

  15. baru tau ya mass, saya susah mencoba semua promosi operator, baik cdma/gsm.. semuanya itu terletak pada permainan itung2an, klau jaringan bagus (disini kualitas jaringan layak dipakai) memakai promosi seperti itu gak masalah, tp disini masalahnya para operator kualitas jaringan itu bs saya katakan tidak layak, tp promosinya uda gede2, kayak indosat ama xl, sering drop call, call busy, network busy dll, sampe cpd…. mending pake satuan per nelpon aja , gak usah gratis ato 0,00000000000000000000000000000000001/detik

  16. Wahhh… ini ‘penipuan’ nih.. harusnya YLKI turun tangan donk ya… jelas2 kan iklan nya bilang Sampeee puasssss…. sampe puas apanya??? hehehe.. peace ahh… 😀

  17. hohoho. kan puas tu relatif, bang. itu yang dipake sbg bahasa iklannya xL. hoho.

    (^_^)v

    puas menurut Mario yg nikah ma monyet & kambing itu kali. hwehe.

  18. Kalo im3 putusnya tiap 32 menit lewat beberapa detik gitu dech…
    Kayaknya semua operator strateginya sama dech… 😦
    Jadi cape deech… 😀

  19. Wah, XL ternyata gitu yaa?

  20. hahahaha … Jemblung dan pakkatnauli ada2 saja … murah sih murah … tapi jangan ampe kelewatan ngasih jargon SAMPEEEEE PUASSSS !! ….. itu baru nipu …

    yang bener … SAMPEEEE PUTUSSSS ….!!!

  21. om, kita yg tetangga bangka (belitung) aja, xl kadang ga jelas ngitung tarifnya. begitu kita telpon ke nomor xl 0819xxxx suara diujung sana masuk ke telp kita, tapi suara kita ga ada di ujung telp sana (kadang sebaliknya). akhirnya saya tutup (dah hallooooo..halloooo sambil teriak ga ada suara juga) dah 5 detik pulsa terbuang (ga tau berapa tarif yang hilang, ga pandang pagi siang sore or malem). akhirnya telpon ulang baru jelas. payah tuh operator yg satu itu. ga mau deh pake lagi.

  22. mas..mass…. definisi “sampe puassssss”-nya itu bukan menurut sampeyan, alias customer…. tapiiiiiiiiiiiiiiii… menurutnya orang XL. mereka semua sudah pada puasssss kalo menelepon sampai 34 menit 31 detik.

    gitu loh massss :))

  23. BTW, tarif ini berlaku juga buat pelanggan Xplor (pascabayar) ngga sih? Kalau saya perhatikan, sepertinya yang dimanja dengan berbagai program promosi itu melulu buat pelanggan prabayar (Jempol dan Bebas).

  24. Klo menurut saya, putus ini lebih kepada network yang penuh kali bos. Klo saya, pas jam kalong (tengah malem ampe pagi) itu susah sekali mo nelpon. Jam lainnya relatif lancar sih.

    Kirim pengaduan aja bos, ke customerservice@xl.co.id atau corpcomm@xl.co.id. Saya pernah kirim email ke sana, dibales koq.. malah pernah ditelpon balik juga.

    Pake gaya agak galak aja 😀

  25. Lho, 34menit 31 detik belum puas, tho?
    hmm,hmm
    lama juga ya?

    *appa coba!*

  26. Saya pake Xplor. Betul yang dimanja dengan promisi memang pra Bayar. Xplor sedikit sekali promosinya.
    hati-hati saja bagi pengguna Bebas ketika ada promoso nelpon murah, tarif SMS jadi Rp 350. Dan khabarnya Xl sedang merencanakan untuk menghapus kartu Jempol, jadi nantinya cuma ada dua yaotu Xplor dan Bebas

  27. 7 jam seharga 26 rb apakah masih mahal? Tetep murah kan

  28. mana ada sih iklan komersial yg na nipu?
    maksudnya ada tanda ***-nya,,

    lgan juga betah banget ngobrol segitu lamanya sih?
    ga panas tuh kuping?
    ga cepet drop tuh baterei?

    *teknologi akan lebih bermanfaat jika digunakan dengan bijak*

  29. wah bener-bener murah Xl ini…

  30. 7 jam seharga 26 rb … murah? … murah dari hongkong …..
    siapa sih yang bilang murah? udah ngerasa ketinggian tuh gaji ya ????

    jadi pengen tahu … coba ngomong di depan konsumen langsung …. paling di perkosa langsung hehehehe

  31. Sama,
    saya juga pernah telpon2an sama temen yg tinggal di riau ( saya jkt ) dan tiap kira2 klao saya sih ngerasanya di menit 20an gitu..pasti putus.. dan pas kejadian itu memang langsung punya asumsi kalo ini sih bisa2nya operatornya ajah……
    ini harus ada klarifikasi dari ybs..

    yuuuk mari…..

  32. Bukan masalah murah ataw mahalnya mas, tapi lebih kepada masalah etika beriklan. Kayaknya kasus seperti ini bisa diajukan ke YLKI tuh. Ini namanya iklan menyesatkan, rancu dan tidak bertanggung jawab.

    Piss ahh..

  33. sesudah saya hitung masak – masak, kalau memang sampai sampe puas seharusnya cukup Rp. 2000 sampai puas, toh jaringannya memang milik sendiri kan tidak sewa, dengan kata lain di kasih gratis pun xl ga bakal rugi.

    34:31, ya gitulah, saya hitung lagi,
    Rp. 2000 berlaku untuk = (34 menit x 60 detik) + 30 detik = 2070 detik

    artinya emank dari awal Rp. 1 itu untuk 1 detik, dan emank dari awal seharga itu….. hahaha… hari gini apa yang murah sih

    7 jam 26 ribu, murah, jelas murah, tapi kalo dijanjiin 2000 sampe puas tapi malah bayar 26ribu, bukannya ini penipuan??? gue sih ga mau tuh di tepu gitu, mending dari awal bilang ajah 1 detik 1 rupiah, dan gak boong kan…

    namanya juga XL=eXtra Liar (pembohong besar)

  34. gak pernah tertarik sama promosi telpon gratis lah sms gratis lah, yang penting gunakan seperlunya

  35. Lagi di pulau Bangka pak..?? ngapain? Ane asli bangka nih

  36. Saia sms-an doang, nelpon paling 5-10 menit…

  37. Namanya juga milik Asing,…ya maunya Untung lah mas..sekarang terserah konsumen, kan ada YLKI dan KPPU

  38. Salam kenal mas, baca ini saya baru tahu nih strategi 34:31, saya juga sering kejebak ma xlpromo-nya,….jadi kepengen nanya apa ada yang pernah dapet hadiahnya ya?

  39. Mending dikembaliin ke tarif jaman dulu deh, mahal tapi pelayanan ok, sekarang murah tapi nelp susah, sms aja delay lama. Capek deh…

  40. pengalaman saya sih di XL ya kecewa juga …

    Ikut XL yg limited 400rb ( jelasnya lupa lagi ), tapi blum pernah ada rinciannya nyampe kerumah saya. Trus katanya sinyal OK. Kenyataan begitu saya diam di SUraBaya di seputaran KeTinTang ( A. Yani ) gak pernah bener tuh sinyalnya.
    Belum lagi tagihan saya 2 bulan terakhir gak nyampe juga ke rumah. WaL HasiL saya putuskan untuk gak berlangganan lagi.
    Jadi inGat kejadian dulu pertama ada XL ya mungkin ada juga pengalaman dari yang lainnya ….
    TaPi gpp yg sudah2 biarlah sudah yg penting kita harus bisa lebih pandai2 memilih operator mana yg cocok utk anda …… PiLihAn balik lg ama PeMiRSa ..he he 😀

  41. nama nya juga iklan…..

  42. Kupretttt Orang yg proXL….Kelaut aja…Wkwkwk…Untung gw g dan tak akan pake xl…Kapok dah…Udah sinyal nya jekex..,gprsnya lemot…3g cm dikota…(kebetulan gw lagi d kampung)….Eh skarang ketauan luna maya udah ga perawan…Untung gw dlw ga mau kawin ama monyet dan kambing…Mbeee…Wkakaka..Luna..Luna…Gw dulu bego…Kaga tw mana prawan ama ngganya…Gw juga kg liat waktu itu lu brdarah apa ngga…Yg jelas gw ga pernah… SAMPEE PUASS…

  43. saya masih tertarik menggunakan XL 😀
    soalnya pake yg pro 😀

  44. Hmm.. Sedikit pengalaman pake XL ya, kalo di daerah rumah saya putusnya waktu menit 59 lebih 30 detik. Pasti segitu. Entah kenapa. Memang itu tergantung lokasi kok pak. Kalo lihat di deketnya temen saya, cuma 29 detik. Lebih merana tuh.

  45. mendingan proXL daripada bullshit-nya Telkomsel
    Simpati tuh, tarif 0,5/dtk kok nunggu jam 12 malam,..hmm mana enak, abis telp kerja ngantuk krn begadang

    Lagian, mas penulis nih tipikal orang Indonesia banget !!
    Maunya cari provider yang ngasih jasa komunikasi murah,meriah,muntah….

  46. sudah kuduga pasti da syarat dan ketentuan berlaku.

    makasih ya oom info ny. haha rajin ngitungnya. hehehehe…

  47. kalo saya sudah muak liat iklan above and below the line smua operator..
    mereka perang,media cetak,elektronik,biro iklan,sampe tukang pasang spanduk yang untung.
    murah dan nyaman jarang akur mas,kalo bertolak belakang sering dan hampir pasti

    salam kenal

  48. salam kenal….
    promosi sekarang ini sudah semakin tidak sehat aja..
    yang harus diingat, konsumen jangan mau tertipu…

  49. He2..lucu2 comment’y ya!da yg acuh,yg serius, bahkan asal “njeplak”.tp saya sangat sepakat dgn comment sdr Badui,substansi dr mslah ini kan sbtl’y mengenai etika beriklan yg salah alias obral janji yg kdng menipu.mgkn mslh ttg nanti kanker otak atopun murah atopun mahal adlah opini pribadi,tp etika beriklan haruslah jujur pd calon konsumen.qt jg sdarkan klo g cm xl yg mengecewakan,da jg flexi(sinyal naik-trun),mentari+im3+simpati+as+starone+axis+hepi+dll(kyk xl jg).nah,utk kasih pelajaran para provider (yg licik) atopun perusahaan lain’y utk tau etika iklan.mari qt ramai2 kirim URL posting ini ke media2 cetak/elektronik di slruh Indonesia biar dimuat.nah,sebagai martir perusahaan lg biar bs belajar adalah XL..gmn?he2…masuk akal gak tho!ps:maaf,sy nulis ini sambil ngantuk2!

  50. ooo….. wah kurang ajar ya XL. wah wah….

    untung gw g pernah beli-beli yang promosi. gw selalu pake AS. udah puas, g ada komplain. cuman pas kemain aja waktu musim promosi gede-gedean telponan sempet mati setiap berapa detik gt. tapi sudah g lagi sekarang.

  51. 34 menit 31 detik itu udah lebih dari cukup buat merasakan kepuasaan…udah berapa gaya tuh…;-)
    *Ini ngomongin dr. boyke kan?*

  52. kebanyakan komsumen tergiur oleh iklan2 yg menyesatkan karna, di karenakan iklan2 tesebut promo genjar tapi tidak menyebutkan syarat dan kondisi nya

  53. XL bukannya nipu semua tu promonya 😀

    Saya sih pake starone aja, tarifnya ga pake bohong … XL, M3, dll .. aduh gara-gara iklannya gw malah ga niat pake … terlalu membohongi

  54. pake esia,,jargon indonESIA,, pertama didunia dan akhirat tarif sms 1rupiah /1 karakterkesemua operator, nelpon seribu sejam kesesama 800/menit kesuma operator, BUKAN TARRIF PROMO,,UDAH GANTI semua pake esia..hidup esia.BAKRIE punya lagi…SAYA optmis esia punya massa deoan yang jauh lebih baik,,kreatifitas pembuatan iklannya juga No.1,,seneng saya kalo ngeliat iklan esia…

  55. two thumbs up bwt esia

  56. masalah jaringan nyusul,,yang pasti pelanggan banyak dulu, esia berkembang,,jaringan luas

  57. Namanya juga bisnis. Pemikiran simple aja dech.

    Ada gak yang mau rugi? gak kan??? apapun yang dilakuin pasti tujuannya mendapatkan untung. entah itu mpe trik “bunuh diri”.
    toh juga akhirnya UNTUNG… yang rugi sapa? em….. tergantung.. apa konsumen merasakan rugi??? rasakan ndiri dech…. untung ruginya..

  58. Bisnis adalah bisnis, 100% dibalik GRATISAN pasti ada BAYARAN <=== apa maksudnya 🙂

  59. Jadi bingung deh, temen-temen ketipu di mananya sih? Iklannya kan bilang, gratis jam sekian, 600 perak ampe puas pada jam sekian, dst. Klo definisi “sampe puas” kan memang relatif bgt kayaknya yah. Klo saya emg jarang ngobrol lama-lama di HP, walau lau lagi berjauhan ama istri. Paling lama 15 menit-an, itu saya udah puas. Kebetulan istri pake XL juga, jadi gak mikir jam-jam nya, pokoknya 2000 perak sepuasnya.

    Aku udah nyoba berkali-kali telpon2an ama istri, tarifnya bener koq. Ya maksimal 2.000 perak itu (ke sesama XL). Jadi nipu di mananya?

    Klo terputus di menit sekian, kayaknya XL gak bisa dibilang nipu deh, karena dia gak pernah klaim “dijamin gak putus”.

    Tapi memang pas jam gratisnya itu, ampun susah banget mo nelpon or nerima telpon yaaa.. 😦

    Esia? Ogah banget dah, pake produk yang bosnya menjajah rakyat kecil di Lapindo?? Ogaah!!

  60. emang operator ….xl penipu konsumen tlp seluler indonesia..iklannya itu ga ada yg bener……

  61. namanya aja promo mas,
    lagian kok betha ya telpon sampai 34 menit 31 detik,
    apa nggak pegel tuh telinga.

    lagian kan promo nelpon sampai puasssss…dan nelpon sampai puas kan beda orang beda lamanya. kalo aku 5-10 menit dah puasssssssssssss… nggak tahu kalo yang lain

  62. Bisnis XL pake strategi, pengguna XL yang ‘cerdas’ juga harus pake strategi
    tarif Rp.2000/nelpon itu pukul 17.00 sd 23.59 itu tarif termahal untuk sesama XL (walaupun, kalo mau jujur, operator GSM laen lebih muahal)
    tarif lainnya Rp.1300/nelpon untuk pukul 11.00 sd 16.59
    trus Rp.600/nelpon pukul 06.00 sd 10.59
    trus.. taukah anda? pukul 00.00 sd 05.59 itu telpon sesama XL GRATIS…TIS…TIS…..
    itu tarif di jawa, kalo di Sumatera dan sekitarnya tarif pukul 06.00 sd 10.59 cuma Rp.300/nelpon
    kalo mau gratis kan anda bisa saja bangun jam 5 trus nelpon 1jam (bagi kebanyakan orang 1jam sudah lebih dari puass untuk memanaskan telinga)
    atau anda gak bisa bangun sepagi itu?
    perlu diketahui, saya bukan karyawan XL tapi saya pengguna XL sejak tahun 2003 dan gak pernah ada keluhan

    kalo anda kurang puasss, silahkan coba pakai operator lain
    pasti anda lebih tekor

  63. Ya, soal etika.
    Itu khan isu yg sama di antara kita, “common issue” mksut saya. Siapa sih yg enjoy diperlakukan ga sesuai etika? Gak satu pun saya yakin.
    Kalo kanker otak, murah-mahal, puas-gak puas, itu hal2 yg relatif.
    Saya lebih suka bilang A, ya jadinya ngasih A; bukan B, C, D or whatever… 😈
    Tapi saya pengalaman pake 3 OP: Telkomsel (AS), Indosat (im3) dan Excelcomindo (proXL Bebas), dan menurut saya ketiganya sama aja. Sama gak beresnya maksut saya… Ya tapi di aspek yg brbeda tentunya. Misal: im3 yg trmurah di antara ketiga OP tsb utk GPRSnya, tapi AFAIK paling gak beres soal tarif teleponnya (plus jaringannya, lbh singkat waktu call-nya).
    Saya pake sesuai kebutuhan; im3 buat ng-NET (tentu di HP yg tercanggih yg saya punya, hehe). XL Bebas buat telepon n SMSan, AS buat backward compatibility with my old friends+family :mrgreen:
    Menghidupi 3 kartu emang mahal. Tapi balik lagi, mahal-murah itu relatif+subyektif khan 😉
    Saya cuman brharap transparansi aja. A katakan A, B katakan B.
    Menangguk untung dengan mengecoh itu gak berkah, IMHO 🙂
    Walau memang, bisnis itu mencari untung… *wah jadi kemana-mana nih, maap pak 😀 *

  64. Oya, satu lagi ttg Esia…
    Saya sekali waktu liat iklannya yg nelpon cm kena Rp 50 sejam… Waktu saya confirm ke teman di Jakarta yg emang pengalaman pake Esia (dan masih), ia bilang itu betul, kalau udah sejam, kalo belom, ya itu per menit kenanya, alias Rp 50 per menit, jika belum sejam. Website-nya itu menipu, kata temen saya.
    Lagi-lagi, sama aja… 😐
    Saya tau, promo itu berubah-ubah, tapi intinya akan masih tetap sama saja saya kira… 🙂

  65. sekali indosat, tetep indosat. haha.

  66. Halo mas…salam kenal.Lg blajar bikin tlayout di wordpress,ko ndak bisa(gaptek :)) bisa tlg ajarin?tq before

  67. untuk yang membela XL, mungkin anda-anda ini orang XL alias yang di untungkan dengan iklan tersebut dan mungkin yang termasuk “menipu” kita-kita ini.

    ya emang “sampe puas” itu adalah relatif, tapi janganlah kalimat itu di bebankan ke konsumen. karena kalimat itu kan XL yang buat artinya XL sendiri lah yang harus menanggungnya. XL lah yang harusnya menanggung resiko kalo-kalo ada konsumennya yang kurang puas, resiko itu ada di XL selaku pembuat kalimat itu BUKAN DI KONSUMENNYA.

    kalau konsumen-konsumen ini ingin mengajukan class-action karena merasa dirugikan, yah HAYO siapa takut. kalo mau yang merasa dirugikan ini berkumpul, tandatangan (capdarah kalo perlu). ajukan atau daftarkan ke pengadilan.

    ada yang berminat???

    saatnya KONSUMEN BERGERAK!!!!

  68. gimana kalo baru pake 3 menit udah putus. rugi dong bayar 2000 perak cuma bisa 3 menit??? ada jaminan ga bayar 2000 perak, ga bakalan putus selama 30 menit ???
    kalo emang dijamin… pake 30 menit bayar 2000 perak masih cukup murah lah

  69. Makanya saya sudah gak pakai XL lagi. Dulu saya pakai explor, ternyata tarif callnya lebih mahal dari bebas prabayar, maka nomor xplor saya dimutasikan ke bebas. Mulai muncul hal yang tak enak, saya suka isi ulang 10.000 rupiah, ternyata masa aktifnya nya pendek, pulsa masih sisa 2000 an udah masa tenggang gak bisa dipakai, isi lagi begitu lagi sampai akhirnya pulsa yang tak bisa digunakan mencapai 6000an sementara kalau dicek pulsa pakai #888* (kalau gak salah) pemberitahuannya cuma pulsa yang ada tak ada informasi sampai kapan pulsa itu berlaku. Jadi keki banget masih ngerasa punya pulsa pas mau nelp gak taunya lewat masa aktif. Belum lagi sms yang 350 rp, kan gak mungkin kita gak sms-an dan mahal.

    Hehehe sekarang pake mentari, so far so good cuma program promo nya yang mentari sakti Rp300 per menit cuma sampe jam 11.00 yang tadinya jam 15.00.

    Kayaknya tiap operator punya jurus sendiri untuk meng”akali” konsumen.

  70. Kayanya semua punya strategi masing-masing. Plus minus itu pasti….. asal jangan kelewatan aja ngakalin pelanggannya yang nota bene dah bayar ke si operator….
    🙂

  71. XL emng ekstra mahl kleee….

    apa apa harus bayar…

    mu ngeluh ke CS aja harus bayar…

    mending pake axis… murah abiesss…

  72. XL emng ekstra mahal kleee….

    apa apa harus bayar…

    mu ngeluh ke CS aja harus bayar…

    mending pake axis… murah abiesss…

  73. Alhamdulillah saya pernah telpon an sekitar 55 menit, lancar dan nggak keputus. Mungkin tergantung nasib juga ya hehehe

  74. Mungkin kita harus berpikir bijak saja.
    Telp 34 menit dengan tarif 2000 itu sudah murah banget. Itu yang perlu dicatat. Semua usaha menginginkan unung dan konsumen ingin puas. Saya kira sudah cukup adil misal pembicraan putus pada menit ke sekian, toh itu sudah cukup lama ngobrol. Dan kalau dilihat dari segi kesehatan memang telpon lama-lama juga tidak baik.

    Mungkin yang perlu disoroti adalah peningkatan kualitas layanan, karena semakin murah tarif telpon justru semakin susah untuk telpon.

  75. Rekan-rekan Semua, Terima kasih atas komentar-komentarnya ya …
    Alhamdulillah, suara-suara kita ternyata di dengar oleh Customer Service XL. Silahkan baca posting penulis berikutnya ya : Dan … Inilah Jawaban dari XL https://rezaervani.wordpress.com/2008/07/02/dan-inilah-jawaban-dari-xl/

  76. #caffeins

    Aku ndak membela XL kok mas. Aku kan cuma ngasih tau yang saya alami, dan sejauh ini ndak merasa tertipu. Tarifnya kan emang bener. Trus tertipu di mana?

    Coba Anda sebutkan operator yang BISA MENJAMIN jaringannya lancar, bener2 lancar. Gak ada! Bahkan Telkomsel sekalipun! Apalagi XL yang ada di urutan 3, dan jangkauan jaringannya (mungkin) jauh di bawah Telkomsel. Kalau Anda mau menuntut, apanya yang dituntut? Karena Anda ngobrol lama trus putus? Aya-aya wae.

    Sepakat dengan #Iman, ya nasib-nasiban. Saya pas blm kena putus aja kali, bisa aja abis ini kena putus. Tapi sepanjang tarifnya BENAR, saya gak mau nuduh operator menipu.

    Kecuali XL bilang “sampe puas, dijamin gak putus!” trus tiba2 terputus, nah baru deh saya merasa dibohongi…

    Btw, mau ngobrol sejam atau semenit, lama atau sebentar, itu hak orang laa..

  77. Wah … sudah dibohongin, dicurangi … duit buat bayar pulsa lari keluar negeri pula … la wong XL punyanya orang luar negeri … bukan untuk kepentingan nasional … sudah gitu kok ya pada mau dibohongin terus ama XL & INDOSAT … hehehe … kacian dech eloooo …. termasuk gue juga … ganti kartu ahhh ke produk dalam negeri … duitnya bisa buat membangun bangsa …

  78. kalo sama simpati gimana ?

  79. simpati dan indosat jg dibeli orang luar negeri bahkan pemiliknya sama <SINGTEL-Singapura), gimana ya itu ?

  80. thx tuk infonya

  81. MEmang XL payah… masa nelepon masuk ke coicemail kena pulsa…

    intip-intip blog saya di airdiataskrisan.wordpress.com

  82. gimana kalau kita pake ht aja bisa bikin sendiri ?

  83. namanya juga bisnis yg cari profit kan ga mungkin berikan layanan yg gratisan 😀 ujung-ujungnya ya gitu deh pasti merauh untung, permainan licik XL, Indosat, Telkomsel, Esia, dan operator seluler lainnya pasti masih berlanjut… .

  84. klo di pikir-pikir, perusahaan mana sih yang mau kasih harga/tariff murah bgt atau gratis sepuasnya…
    gimana mau bayar biaya gaji karyawan, dll klo dikasih tariff murah. kalupun emang ada, pasti ada celah utk bisa dipermainkan……
    pintar-pintar pilih kartu operator….

  85. TERNYATA BANYAk MANUSIA yang tidak PUAS kalau HAnya 30 menit saja…!!! silahkan tanya istri2 Anda kembali… 🙂

  86. xl tetep yang terbaik, mau di boongin kek, mau putus muluk kek, pokoknya udah kadung jatuh cinte nih

  87. yah… begitulah bisnis…
    sebenarnya ini subsidi silang antar oprator, makanya jangan terkecoh gonta ganti nomor…
    yg rugi kita juga…..
    sudah di jelas kan oleh kang onno juga kita mau jadi produsen apa jadi konsumen terbaik,
    kalau mau jadi konsumen terbaik ya… selamanya kita akan membuat kaya orang asing….
    terutama pemegang saham asing
    indonesia dari rakyat sampai pemerintahan nya pun masih mau di peralat Asing…..
    ntah sampai kapan ini bisa terjadi,,,,,

  88. udah pake xl dari 2006. Mau ganti, males update ke temen-temen kampus nomor kartuHALO yang dipake buat kerja. Mau ditipu, mau diboongin gak peduli. Wong sekarang-sekarang cuma buat nomor pasif (nerima doang). Sesekali nelpon sih, cuma karena kualitas jaringannya jelek mending pake kartuHALO. Lancar….

  89. @made

    maaf kalo tersinggung. aku gak menyebut2 anda. hey kenapa anda harus membela diri. santai aja.

  90. ini pada ngomongin apa sih?…gak ngerti ah

  91. To caffeins:

    Si made tuh karyawannya XL, jadi wajar aja klo dia membela perusahaan yang gaji dia tiap bulan. Maklum, gini hari masih banyak cecunguk yang cari muka sama bos-nya.

    Lucunya, bawa2 esia pula…halah…kuno bung!..

  92. Yah,
    Harusnya emg iklan-iklan juga tau aturan ya? Kdang bahasa iklan sekarang udah kelewatan, udah membodohi konsumen. Jadi gue seh setuju aja kalo YLKI mo turun. Tapi yang pertama kali perlu dipersoalkan adalah tentang iklan mereka dulu kali ya?

  93. wah brarti emang penipuan tuh. Tapi emang sih, apa yg bisa dipercaya sepenuhnya dari iklan??
    Btw, yg merasa telp lama2 bisa berakibat kanker, darimana ya?? padahal pembuktiannya aja masih meragukan.

  94. Saya kira, semua sudah dewasa, gunakan telepon seperlunya. Dan tidak salah jika anda memiliki 2 nomor (HP) sekaligus. Jd lihat dulu nomor yang mau dihubungi, kemudahan2an apa yang diberikan dari operator serta waktu yang tepat.

    semua kembali kepada pelanggan, mau ganti kartu silakan aja (ntar repot dihubungi). Namun yang pasti kita cukup berterima kasih kepada operator2 yang bersaing tersebut.
    Coba bandingkan 1 tahun lalu, jika anda nelpon 1 menit berapa? Hampir semua operator Rp. 1500,-/mnt nya. Sekarang? Lumayankan? mau 0,5 atau 0,00001 atau 0.0 silakan saja. Lagi pula kalo gak perlu, untuk apa nelpon?

    Salam

    vandha,

    http://www.vandha.wordpress.com

  95. saya make xl, pulsa saya selama 2 minggu ini cuma Rp. 10,- dan selama ini gratis… nelpon 00 – 06.00 wah biasanya sih nelpon sebelum dan sesudah shubuh…

    wah nelpon gratis euy…

  96. berapapun tarifnya, asalkan masih ada Luna Maya tak masalah.

    Trus situ maunya berapa? gratis gitu?

  97. udah udaaaah…
    gitu aja kok repot
    kalo mau komunikasi ya telpon aja sih.. ga usah mikirin tarif, iklan itu kan cuma utk mnarik prahatian org biar laku …
    mending kita buat operator publik aja yo… semua org yg KTP indonesia bisa gratis … free…
    gmn ?

  98. mau telpon kok repot,profesional dung,,,,, kenapa juga kita harus ngeluh…mereka juga bisnis pengen untung kan….??kita kalo bisnis juga pengen untung kan? jadi kita harus bisa go down dong jangan terlalu memvonis…toh sinyal kuat emang punyae XL kan??
    look me at http://www.prapto.co.cc or http://www.aryta.co.cc

    or join with us at http://forum-pgsdku.co.cc

  99. saya kira masalah kedewasaan gak ada hubungannya dengan pemakaian lama pemakaian telepon. Apa hubungannya gitu loch?
    Masalahnya jg gak tiap orang gak semudah itu maen ganti2 kartu ke operator lain, justru harusnya operator mesti ditekan supaya gak merugikan para konsumennya dengan cara2 penipuan melalui iklan.

  100. pake SIMpati sajalah ngga cuman omong doang di iklannya.

  101. Selain XL kan masih banyak mas merek-merek lain…

  102. Gak puas ya gak usah pake 🙂
    Gitu aja kok repot.

    Saya make XL udah hampir 5 tahun & gak ada keluhan.

  103. Saya bingung, masih ada saja orang indonesia yang mau dibodohi. Masih ada saja yang membela operator, sampai kapan mau dibodohi bro?

    Disinilah letak permasalahannya, orang indonesia itu terlalu permisif, kalau gak mau di bilang naif.

    Apapun alasannya, kalau sudah berani berpromosi, seharusnya di tepati. Kalau berani ngasih tarif murah, jaringan harus mampu mensupport. Jangan pakai trik atau “kebijaksanaan perusahaan” atau apalah istilahnya.

    Yang namanya perusahaan apalagi perusahaan besar, cenderung mengeruk keuntungan sebesar2nya.Yang mengerem yah peraturan pemerintah.

    Nah kita tau sendiri kan hukum di indonesia? Makanya banyak perusahaan asing yang berlomba2 untuk berusaha di indonesia dalam bidang2 yang masih “basah”, belum tersentuh hukum.

    Tidak perlu berterima kasih pada perusahaan telekomunikasi. Semua ada timbal baliknya. Ingat sudah berapa triliun uang rakyat di keruk oleh mereka selama ini?

    Saya masih ingat dulu kalau isi pulsa selalu seratus ribu rupiah, dan kalau dipakai itu gak berasa, tau2 habis. Bayangkan, seratus ribu kalau dipake nelepon, paling bisa berapa menit doang, kalikan dengan ribuan pengguna.

    Tapi saya sadar, masih banyak orang indonesia yang bodoh, jadi gak sadar kalau sudah dibodohi,malah membela, berterima kasih, sangat permisif.

  104. Teman saya juga mengalami hal yang sama, yaitu pemutusan di menit tertentu.

    Semoga ada perbaikan kualitas di masa yang akan datang 😀

  105. udahlah, daripada sebel terus mendingan pake FREN aja.. Tarifnya lebih murah koq cuma Rp. 540/ jam.. Rp.9/detik untuk menit pertama. selanjutnya ngomong deh sampe DOWEEERRRR yang kira-kira 1 jam.
    Tidak peduli pagi, siang, malam cuma Rp.540/ jam.
    tidak promosi, tetapi saya pengguna.
    dulu sering telpon pake M3, eh ternyata mahal. sekarang M3 nya cuma dipake buat SMSan.
    Pake XL? diputus terus, rugi deh.. bayangkan 100rb cuma buat 1 minggu (maklum nak muda, telpon2an terus).. buat saya yang nak kuliahan tarif segitu jelas buat bangkrut oi!
    pas pake FREN? wuih.. murah gileee.. 10rb/ minggu bahkan bisa lebih…

  106. coba anda sekali2 ke lombok trus pakek XL pasti akan lebih dongkol lagi, mending putus di tengah jalan, mau nelpon aja susaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaah baaaaaaaaaaaaaeeeeeet nyanbungnya

  107. wagh strategi jitu yang jarang diketahui oleh konsumen

  108. saya sih ndak pernah epon putus di menit ke 34. justru epon saya terputus kalo uda jam 00:00. kalo uda pk 00:00 saya redial aja, lanjut sampe pagi gratisnya…
    justru kalo XL saya bermasalah ama susah nyambungnya. ajegileee, buat skali nelpon aja bisa-bisa kudu mencet 100x baru mau nyambung :((

  109. jadi berantem deh, aku tak melihat & belajar aja 🙂

  110. benr mas-bener bgt…kalo pagi2 si sebelum jam 11 siang emng kerasa puasnya, 600 perak! pas malem, enak2nya ngegosip, wah katanya puas, tnyata emang hanya bisa puas di menit 34. keren bisa gitu ya…

    dikirain takdir Tuhan ga boleh ngegosip, ternyata takdir XL cuma bisa segitu,,, keren liciknya…

  111. hohoho..
    nelpon seperlunya aja

  112. emang gak ada kerjaan lain ya nelpon sgitu lamanya? apa nggak panas kuping? aduhhh seperlunya aja lah nelpon…

  113. […] Strategi (Licik) Bisnis ProXL = 34:31 oleh Reza Ervani […]

  114. Terserah yg beli dong mau menelepon seberapa lama?
    Yang salah adalah
    iklan XL = bohong.
    XL = Dusta

    Sepertinya manajemen XL ingin menantang kita untuk membenci XL.

  115. kwkwkwkwk..
    namanya manusia.. emang ga ada puas nya..
    dulu 600 sampe puas tp kenyataan tiap 1jam putus.. di bilang penipuan..
    sekarang per 34 mnit putus.. di bilang penipuan lg..

    pikir aja om.. misal itu klo harga normal.. dah brp duit tu buat ngobrol 1jam ato 34 mnit?
    ga akan mungkin duit 600 bisa 1 jam ngoceh pake gsm..

    om penulis coba nelpon bininya jam 00.00 – 06.00
    gratis tis tis om.. tp tetep 32 mnitan putus.. tp kan gampang tinggal dial ulang…
    yang penting GRATIS… klo masih kurang PUASS jg
    bininya suruh pulang aja… enak ga pake telpon lg ngomong nya

    kwkwkwkwkwk..kwkwkwkw..kwkwkwkw
    piss om..

  116. klo mau murah… pake kaleng… trus di sambung benang aja… pasti gratis!!

  117. yaiyyaaaaalaaaaaaaaaaahhhhhhhhhhhhhhh
    masa’ penjual kalah ma pembeli?????

  118. Wuih, luar biasa! Terus terang saya salut dengan pengirim posting berjudul “Strategi (Licik) Bisnis ProXL” itu. Kok sempat-sempatnya ya menghitung dengan begitu rinci.

    Sekarang saya memakai dua operator sekaligus, Bebas XL dan Simpati Telkomsel. Soalnya saya merasa kalau menggunakan dua nomor malahan lebih hemat daripada kalau memakai satu nomor.

    Pengalaman saya agak beda dengan Pak Reza. Hampir setiap hari saya memanfaatkan promosi telepon sampe puasssssssss yang diberikan XL itu. Hasilnya ternyata baik-baik saja. Tak pernah kejadian telepon putus pada menit, apalagi detik yang sama persis seperti yang dialami Pak Reza. Malahan saya pernah menelepon teman dekat saya sampai akhirnya ponsel mati karena baterainya habis.

    Gara-gara membaca email Pak Reza itu, saya jadi terangsang menghitung perbandingan tarif XL dan Telkomsel yang saya pakai. Anggaplah telepon bisa putus sendiri seperti pengalaman Pak Reza. Trus, lokasi telepon di Sumatra (Bangka di Sumatera kan? Semoga nggak salah. Dulu waktu pelajaran geografi saya sering lari ke kantin).

    Kalau pakai XL, total biayanya seperti yang sudah dihitung Pak Reza yaitu Rp 26.000. Sekarang saya coba hitung jika saya pakai Simpati Telkomsel.

    Untuk telepon pukul 17.00-18.00 = 1 jam x 60 menit x 60 detik = 3.600 detik. Satu menit pertama biayanya Rp 15 per detik. Setelah itu Rp 0,5 per detik. Berarti kalau ditotal pulsa yang dipotong dalam satu jam (Rp 15 x 60 detik) + [Rp 0,5 x (3600-60) detik] = Rp 900 + Rp 1.770 = Rp 2.670.

    Aturan biaya telepon pukul 18.00-24.00, tarifnya Rp 15 per detik untuk 130 detik pertama. Berikutnya Rp 0,5 per detik sampai menit ke-13. Lalu berulang lagi, begitu seterusnya. Kalimat matematikanya tak saya tulis karena ruwet banget. Saya menghitung pakai kalkulator dan Excel di komputer. Jatuhnya Rp 67.350.

    Jadi, kalau dihitung, tarif XL yang kata Pak Reza suka putus sendiri itu masih lebih murah daripada Simpati. Buat telepon terus menerus mulai pukul 17.00-24.00 dan setiap 34 menit 31 detik putus sendiri:

    – kalau pakai Bebas XL habis Rp 26.000 à ini hasil perhitungan Pak Reza

    – kalau pakai Simpati Telkomsel kena Rp 70.020.

    Kesimpulannya, putus sendiri mungkin menjengkelkan. Tetapi diterima saja karena tetap lebih murah. Ada harga, ada rupa. Kalau hasil akhirnya tetap lebih murah, ya nggak apa-apa deh.

  119. pake aja flexi bisa dibawa di mana saja telpon kapan saja (jgn lupa di-combo-in ke kota tujuan sebelum meninggalakan kota asal .

    sekarang ada program AA49 :
    ketik 01017+kode area+no telpon yg dituju 1 menit 49 rupiah ke sesama Flexi

    jadi…

    7 jam x 60 menit x Rp 49 = Rp. 20.580

    gak perlu takut putus karena berlaku sejak menit pertama….

    tks.

  120. Saudara- saudaraku sebangsa dan setanah air…apakah kalian tidak menyadari bahwa kita semua saat ini sedang di jajah asing yg salah satunya melalui sektor industri telekomunikasi, coba perhatikan operator2 telekomunikasi yg bermain di negeri kita ini banyak yg berasal dari negara asing, apa kalian semua mau jadi korban pemerasan asing, seharusnya kita semua jadi “tuan di negeri sendiri”.
    Sekarang mari sama- sama kita pakai & cintai produk dalam negeri sendiri…ayo cari tahu operator telekomunikasi mana yg milik negeri sendiri…dari info semua kawan & baca dibeberapa media massa…katanya sih Telkom perusahaan yg 100%ber “bendera merah putih”.
    Janganlah kita jadi pengkhianat bagi bangsa kita sendiri..
    Salam nasionalis

  121. Info tambahan nih…dari baca koran
    Katanya Telkom menjadi salah satu pembayar Pajak terbesar tahun ini untuk negara kita…
    Nah..loh..operator telekomunikasi asing berapa yah bayar pajaknya buat negara kita??? ( nggak jelas nih )…ngeruk duit di Indonesia udeh banyak trus di bawa pulang ke negaranya masing2, keterlaluan deh…

  122. thanks Mr AA49…atas infonya…gue ame temen2 gue udeh sepakat mo pake produk indonesia aje titik nggak ada tawar2 lagi.
    Dari mulai baju, celana, shampo, sabun, makanan dll…sampe HP gue pake produk dalam negeri pokoke gue cinta berat produknye milik Telkom perusahaan BUMN milik bangsa sendiri.
    Kalo bangsa sendiri juga ada ngapain pake punya bangsa asing…huu..nggak sudi…gue takut bangsa gue jadi bangkrut gara- gara di jajah ekonominye ame orang2 asing…Ayo kita pake produk bangsa sendiri..inget pesen Prabowo..CINTAILAH PRODUK DALAM NEGERI

  123. Seharusnya pihak XL menjelaskan secara jelas maksud kata puas itu, jadi pihak konsumen nggak salah memahami. Kalo konsumen salah memahami ya wajar saja, wong pihak XL memberi kata-kata seperti itu. Ini termasuk permainan kata-kata dengan kata lain penipuan.

  124. benar-benar licik.

  125. Bagaimanapun juga, yang namanya konsumen itu selalu rugi. KONSUMEN, Kon berarti Korban, Su berarti Sudah, Men berati Mengerti. Konsumen berarti Korban Sudah Mengerti akan akibatnya, maksudnya.
    Gitu kok masih masih dipersoalkan. Yang namanya operator itu sudah biasa seperti itu. Kalo masih nggak terima, buang aja. Udah tau mahal kok masih di pake. Salah siapa juga. Hidup itu di buat simple aja. Pake ngitung2 duit kayak Abu Lahab aja. Padahal Abu Lahab aja nggak seperti itu.
    Mending duitnya di tabung kek, buat beli apa kek, pake telp lama2 segala. Maaf, kalo emang udah nabung ya di sumbangin kek, beli yang bermanfaat kek. Sayang istri itu wajib, tapi kalo sayang duitnya, ya nggak usah pake hp.
    OK, peace for all.

  126. Betul juga ya….
    memang se-murah2 nya operator laen gak ada yg semurah Pro-XL. walaupun agak screw-up di 34/31 tapi ttetep aja murah … tp disini (bali) anak pacaran bisa lho ngobrol 00.00-05.00 bener!!!!! sepupu saya begitu kok.
    Makanya anak ABG disini bnyk pake pro-XL kecuali yg dari desa baru pake Telkomsel karena memang mereka jringan lebih luas.. mereka suka olok2 teman yg pake telkomsel “kamu dari desa ya..kok pake telkomsel?” walaupun kedengeran nyindir tp begitulah anak2 muda, langsung aja ngomong tanpa do pikir2.

  127. Masih mending matinya 31 menit..Ane aja baru nelpon 2 menit udah di matiin…Parah banget…XL Parah..

  128. ayo dong XL jangan bikin pelangga anda pada kabur

Tinggalkan Balasan ke Rahmat Zikri Batalkan balasan