Do Not Ever Change Your Self

Oleh : Reza Ervani

“Jangan pernah merubah diri”

Jika yang mengatakan itu hanyalah orang biasa seperti penulis, tentu tidak akan ada artinya.

Beda jika yang mengatakan hal itu adalah Peter F. Drucker, begawan manajemen dunia. Penulis salinkan apa yang ditulisnya di Jurnal Harvard Business School :

… Sebagian orang bekerja dengan baik sebagai bawahan. Jenderal George Patton, pahlawan AS dalam Perang Dunia II adalah contoh utama. Patton adalah panglima tertinggi pasukan AS. Namun ketika ia diusulkan untuk memimpin suatu komando, Jenderal George Marshall, kepala Staf AS waktu itu (dan mungkin pemilih orang yang terbaik dalam sejarah AS) berkata,”Patton adalah bawahan terbaik yang pernah dimiliki pasukan AS, tetapi ia akan menjadi komandan terburuk.”

Beberapa lainnya bekerja dengan baik sebagai anggota tim. Lainnya bekerja dengan baik jika bekerja sendiri. Sebagian memiliki bakat istimewa sebagai pelatih dan pembimbing; sebagian lainnya tidak cakap sebagai pembimbing.

Pertanyaan penting berikutnya adalah, sebagai apakah saya akan membuahkan hasil: sebagai seorang pengambil keputusan atau seorang penasihat ? Banyak orang luar biasa yang tampil sebagai penasehat tetapi tidak dapat menerima beban dan tekanan dalam pengambilan keputusan. Sebaliknya, banyak orang yang memerlukan penasehat untuk memotivasi mereka dalam berpikir; kemudian mereka dapat membuat keputusan dan bertindak berdasar keputusan itu dengan cepat, penuh percaya diri dan berani.

Inilah yang membuat orang kedua dalam suatu organisasi sering gagal ketika ia dipromosikan ke posisi nomor satu. Posisi tertinggi memerlukan seorang pengambil keputusan. Pengambil keputusan yang kuat sering menempatkan seseorang yang dipercayainya untuk duduk di posisi kedua sebagai penasehat – dan pada posisi ini, orang itu menonjol. Tetapi jika ditempatkan pada posisi pertama, orang itu akan gagal. Ia mengetahui keputusan apa yang harus diambil tetapi tidak dapat menerima tanggung jawab untuk melaksanakannya.

Pertanyaan penting lain yang harus diajukan adalah apakah saya bekerja dengan baik di bawah tekanan, atau apakah saya memerlukan lingkungan yang sangat terstruktur dan dapat diprediksi ? Apakah saya bekerja dengan baik dalam organisasi besar atau dalam organisasi kecil ? Sangat sedikit orang yang dapat bekerja dengan baik dalam semua jenis lingkungan. Sering kali saya melihat orang yang sukses ketika bekerja dalam organisasi besar melakukan kesalahan fatal ketika mereka bekerja dalam organisasi kecil. Hal yang sebaliknya juga bisa terjadi.

Kesimpulan dari semua itu mengandung pengulangan bahwa : JANGAN MENCOBA UNTUK MENGUBAH DIRI ANDA – KEMUNGKINAN TIDAK AKAN BERHASIL. TETAPI BEKERJA KERASLAH UNTUK MENINGKATKAN CARA ANDA BERKINERJA. Cobalah untuk tidak melakukan pekerjaan yang tidak anda kuasai atau pekerjaan Anda itu tidak akan menghasilkan apapun.

Itulah Drucker ….

So …

2 Tanggapan

  1. oo…gitu…🙂

  2. so..kenali dulu diri dan seperti yg dikatakan dlm artikel, do not change urself. it doesn’t mean that u cannot be as you wanna be, but sometimes we cannot change what cannot be changed. Right? Thnx for the article.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: